Saturday, November 23, 2013

Kelebihan dan Kekurangan PES 2014

Pes 2014 kini sudah hadir di pc dan console, banyak perubahan dan fitur baru yang dihadirkan konami pada game ini. Dengan engine baru yang bernama fox engine konami telah berhasil membuat beberapa peningkatan. Contohnya kualitas grafis,  dibandingkan dengan seri sebelumnya kualitas grafis di pes 2014 terlihat adanya peningkatan yang cukup jauh. Di pes 2014 ini konami masih memegang lisensi liga eropa, liga champion eropa, dan piala libertadores, dan yang baru piala yaitu champion asia juga ditambahkan di game yang juga dikenal dengan nama winning eleven ini. Perubahan besar memang di gadang" konami sejak memperkenalkan pes 2014 beberapa bulan yang lalu.



Dari berbagai kelebihan itu pasti adalah terdapat berbagai kekurangan yang ditemui. Kemaren saya sempat mencoba PES 2014 ini dan memang saya merasakan perubahan drastis dari seri sebelumnya terutama dari segi visual dari fox engine. Nah disini saya akan coba berikan beberapa kelebihan dan kekurangan pes 2014.


Kelebihan pes 2014

Saya mulai dari kelebihan dulu. seperti yang sudah saya bilang tadi perubahan drastis game ini memang saya dapatkan dari segi tampilan. Grafis dari game ini mengalami peningkatan yang sangat bagus. Wajah pemain, stadium dan pencahayaan disajikan secara detail sangat memanjakan mata bagi gamer yang memainkannya.
 

Khusus di pes 2014 ini penoton dapat membentuk mosaik seperti di camp nou tetapi cuma buat klub-klub tertentu saja. Sehingga membuat atmosfer pertandingan terlihat lebih hidup.


Selain dari segi grafis animasi pergerakan pemain juga sangat luwes sehingga membuat memudahkan kita dalam menggocek, melakukan gerak tipu dan lainnya. Selain itu body charge dan tumbrukan" seperti sliding tackle juga sangat real tidak terlihat kaku. Dan juga untuk shot, passing, dan lainnya sekarang bisa dikontrol penuh oleh player, hanya dengan mengubah pilihan advanced, basic, ataupun manual. Fox engine memang membawa perubahan drastis bagi pes 2014.


Kekurangan pes 2014

Pes 2014 memang menyajikan banyak kelebihan dan beragam fitur baru. Akan tetapi pes 2014 juga tak lepas dari kekurangan. Banyak fitur baru yang diberikan ternyata juga diimbangi beberapa fitur yang dihilangkan, fitur kecil seperti create & edit stadium yang sudah ada sejak pes 2012 ( kalau tidak salah ) sekarang sudah di hilangkan. Padahal fitur tersebut salah satu yang saya sukai.

Stadium yang dihadirkan di pes 2014 ini pun juga lebih sedikit dari PES sebelumnya, hanya ada 18 stadium (kalau tidak salah). Dengan artian terdapat beberapa stadium yang tidak lagi dihadirkan di seri ini. Tetapi seperti halnya dengan kostum tim kekurangan ini sepertinya dapat diatasi dengan patch" yang banyak bertebaran di internet.

Wajah pemain memang terlihat sangat detil pada pes 2014 ini namun untuk sebagian besar pemain yang tidak mendapatkan wajah asli dari konami kadang karaketeristik muka terlihat sama dari satu pemain dengan pemain lainnya. Sehingga kelihatannya ada beberapa pemain yang sepertinya memiliki wajah yang sama.

Ya saya kira itu saja sedikit yang dapat saya bagikan, meskipun masih terdapat kekurangan kecil dalam game ini tapi perubahan drastis dari segi tampilan, animasi dan penambahan beberapa fitur membuat pes 2014 sangat jauh berbeda dari seri yang sebelumnya. Dengan adanya beberapa kelebihan di atas, pes 2014 pasti tidak kalah bersaing dengan kompetitor terberatnya, yaitu fifa 14. Setidaknya di asia pes memang lebih banyak dimainkan gamer pengemar bola terutama di indonesia.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment